Jumat, 05 Agustus 2011

Anoher Ramadhan Story

Pada bulan Ramadhan tahun ini aku punya cerita yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Klo tahun sebelumnya Ramadhan aku habiskan waktu dirumah sambil liburan dan santai atau paling tidak menghabiskannya di kampau sambil kuliah seperti dua tahun terakhir ini, tapi tahun Ramadhan ini aku menghabiskannya sambil melakukan Kerja Praktek. Kerja Praktek (KP) ini seperti dikampus-kampus lainnya adalah salah satu mata kuliah wajib. KP ini kita lakukan di instansi atau perusahaan mana saja yang kita minati. Dan aku memilihnya di kampung halamanku yaitu di PT Perkebunan Nusantara –I. Kenapa aku memilih untuk praktek disini, alasannya sangat simpel, karna aku mau puasa ini berada di dekat keluargaku, jauh dari perantauan. Walaupun disini hanya aku sendiri, karna temen2 kampusku memilih KP di Banda Aceh tapi aku harus tetep semangat.

Ada sangat banyak cerita saat KP ini, walaupun KP baru berjalan 12 hari tapi ceritanya udah berjubel. Saat pertama masuk KP itu, rasanya kaya anak pindahan yang masuk sekolah baru, adaptasi, kenal orang baru, nama2 baru, sopan sama orang disini, yang ngerasa engga betah harus dibetah-betahin *ini yang paling susah. Dan gimana rasanya menjawab pertanyaan dari setiap orang yang aku temui dengan pertanyaan, “Kuliah dimana?”. Bahkan sebelum ditanya namaku siapa, bukannya klo mau kenalan tanya nama dulu ya? *eeeeaaa.

Saat pertama ngeliat sekeliling bagian ruangan aku, aku langsung tau diruangan ini sebagian besar pria-pria semua, cuma ada 1 perempuannya, dan jadiah aku wanita kedua disini, yang paling muda dan yang paling tidak tau mau kerja apa *haduuuh. Aku masuk ke bagian tanaman, yang selama 12 hari aku bisa langsung liat kerjaan di ruangan ini sangat padat, berpikir keras dan ga boleh salah-salah sedikitpun, disini gda data yang bisa dipermainkan semua harus sesuai di lapangan.

Awalnya aku masuk ruangan ini aku agak sedikit was-was klo sampe mereka tidak bersahabat kepadaku secara sebagian besar disini pria-pria matang *maksudd nda?, dan ternyata pandangan awal aku terbantahkan. Mereka sangat lucuuu-lucuu dan bersahabat celotehan mereka sehari-hari selalu bikin aku ketawa, karyawan disini seperti cocok-cocok aja jadi pelawak. Walopun sebenarnya celotehan mereka terkadang berbau-bau kalimat “ambigu” dan terkadang saling ledek satu sama lain, tapi aku tau itu pasti hanya untuk hiburan semata karna sangking stressnya dengan pekerjaan mereka. Karna tidak jarang bahkan sering terjadi masalah-masalah tentang pekerjaan.

Awalnya juga aku kira aku tidak akan pernah tau nama-nama karyawan yang bekerja disini, tapi dalam waktu 12 hari ini aku sudah tau nama-nama mereka semua, karna seringnya nama mereka disebut dan seringnya aku mengangkat telpon untuk memanggil karyawan lain jadi tau deh nama-nama karyawannya. Ada buk khairiyah, pak marzuki, pak wagito, om irvan, om gofar, om ajak, om qudri, bang boy, bang daus, pak badrol, pak derno, pak wali dan bapak yang ada disamping meja aku ini secara kebetulan papanya temen aku, ckckck dunia memang sempit ya..? Dan sifat-sifat orang ini, beeuuuhh beda-beda semua dong, yang jelas orang-orang disini baik-baik semua dan lucu-lucu, untuk cerewetnya juga engga ketinggalan, hehe..


Ciri khas dari ruangan aku KP ini adalah selalu dimainkan musik, setiap harinya selalu ada lagu, mulai dari lagu berbahasa aceh, jawa, indonesia, inggris dan arab. Mulai dari aliran  pop, dangdut, jazz dan rock. Tema slow atau cepat. Hingga tidak pernah sepi ruangan ini. Dari 1 komputer yang memainkan musik sampe triple 3 komputer memainkan musik. Dan aku kaget-kaget saat tau lagu-lagu terbaru semua karyawan disini bisa menyanyikannya, padahal lagu itu aku sendiri belum hapal dan dengarpun hanya di ftv-ftv *eeeaa. Dan lagu yang favorit diputar “hamil duluan” dan “lubang buaya” emang bener-bener lagu 18+. Gaol gilllaaaakkk....

Kerjanya aku disini ya untuk mengumpulkan data apa yang aku perluin untuk matakuliah KP ku tapi juga ikut membantu bekerja disini, kerjaan selama 12 hari ini belum banyak hanya sebagian kecil yang udah aku kerjaan, seputar bikin surat, ngelipat dan menggunting kertas buat keperluan kantor dan yang paling sering dan menjadi kerjaan favorit itu mengangkat telpon *eeeaa. Selebihnya ngpain dong kerjaan aku, hehe, memanfaatkan internet yang ada dan sangat kencang *ssstttt. Dan sekalinya wifi ga idup *ggggrrrh keluar api dari kelapa sangking betenya *maaf lebay *abaikan. Jujurnya aja aku sempat beberapa kali mengeluhkan kebosanan karna tidak tau apa yang harus aku kerjakan di kantor ini secara memang semua udah ada kerjaan masing-masing tiap karyawan, tapi aku lebih senang klo ada yang dikerjakan daripada cuma duduk dan berintenetan ria kan? *Aku kira siapapun begitu. Tapi tentunya kerjaan yang ringan yang bisa aku kerjakan dan tidak dalam waktu singkat. Namun dalam kenyataannya setiap surat yang aku kerjakan selalu dalam waktu mendesak hingga aku selalu tergesa-gesa dalam mengetik dan menge-print. Keluhan ini juga ternyata bukan aku aja yang merasa, tapi rata-rata temen2ku juga merasa kebosenan karna kurangnya kerjaan selama KP. Pernah seorang temen sms bilang, “sabar aja, aku juga bosen tapi lama-lama terbiasa”. What? Terbiasa, oh no aku sepertinya tidak akan terbiasa. Mama ku juga ada bilang klo anak praktek atau anak bakti dikantornya juga banyak yang engga dikasih kerjaan banyak dan hanya duduk2 aja. Tapi aku sama sekali kurang cocok seperti ini.

Dan dalam Ramadhan ini kantor ini memberlakukan masuk pukul 7 pagi hingga 4 sore tanpa istirahat, *whaaaaaaattt? Jam 7 hingga 4 sore, yang pertama denger ya pasti urut-urut dan ucapkan SABAR. Lantas berpikir kapan aku akan sangat terbiasa dengan keadaan ini?? Tapi sekarang udah berjalan 12 hari untuk KP ku dan ternyata *taadddda, aku terbiasa dengan keadaan disekitarku. Aku terbiasa pigi pagi pulang jam 4, aku terbiasa dengan keadaan tegang-tegang disini, aku terbiasa dengan keadaan lucu yang bikin tertawa disini, aku terbiasa denger musik disini *dan engga di dahsyat lagi, aku terbiasa dengan kebosanan disini, aku terbiasa dengan pertanyaan kuliah dimana, ntah sejak kapan tapi aku mulai terbiasa bahagia bila berjumpa hari jumat berjumpa dengan weekend *seperti saat sekolah dulu, karna tau jumat waktu kerjanya singkat dan sabtu minggu libur. Dan secara tidak diduga 17 hari lagi aku insya Allah akan selesai KP ini.

Mungkin banyak orang pada liburan ini sudah menghabiskan waktunya untuk berkeliling kota, tempat wisata dan bersenang-senang dan aku hanya menghabiskan waktu dari pagi sampe sore untuk ber-KP ria, hiks hiks. Tapi gapapa aku harus bersyukur bisa KP saat ini karna mau tidak mau KP itu pasti aku jalani dan mungkin saat inilah yang terbaik. Saat libur dan bertepatan dengan puasa. Agar aku engga bengong dirumah kayak anak ayam tetangga, wihihihi.

Yaa, itulah kenapa aku bilang Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun lalu, lalu bagaimana dengan liburan dan puasa kalian tahun ini, apa saja yang kalian lakukan? Pasti kalian juga banyak cerita yang sangat berkesan kan?? Tetap semangat apapun aktivitas kita yaaa... ^__^

PS : saat aku postingkan tulisan ini KP ku udah berjalan 15 hari, yang itu artinya aku akan menjalaninya 15 hari lagi, yyyeaayy !


2 komentar:

Sari Novita mengatakan...

ndookk,,walau uda kebiasa tiap hari k kantor,,walau uda adaptasi..tapi tetep ndok gk suka n gk betah...
betol2 ndokk..walaupun ngenet tiap hari pun,tanpa kerja apalah daya ini,hiks hiks

Iznaini Ananda mengatakan...

ayoooo semangatttt ri..
ntar pasti kangen sendiri kok... ^-^

Posting Komentar