Selasa, 24 April 2018

Stimulasi / Melatih Bayi Tengkurep

Assalamu'alaikum ...

Dear para new mommies atau mommies-mommies diluar sana, pastinya senang sekali kan bila bayi kita mempunyai perkembangan yang cepat tapi jangan jadikan itu sebagai tujuan yang harus-harus banget ya karena tentu saja setiap bayi mempunyai perkembangannya masing-masing. Takutnya nanti malah kecewa ke diri sendiri dan si bayi ehh malah jadi baby blues sayang banget yah mom. Jangan jadikan anak bahan kompetisi dengan anak lain yah mom ^^

Nah, salah satu perkembangan bayi yang ditunggu-tunggu diawal tumbuh kembangnya adalah tengkurep. Tengkurep juga disetiap bayi beda-beda usia. Ada yang cepat banget di 2 bulan (apakah 1 bulan sudah ada?) dan dari beberapa sumber paling lama 6 bulan mom. Anakku sendiri diusia 5 bulan baru bisa mom, lama kan ya? Iya lama banget. Aku dan anggota keluarga pastinya sudah menanti-nantikan. Tapi tetap percaya sama kemampuan anak dan terus latih anak. 

Terus bagaimana caranya melatih anak agar bisa tengkurep? Aku selalu latih dengan memiringkannya ke kanan atau ke kiri, dan selalu tummy time. Mom juga bisa menaruh bayi ditempat yang luas misalkan tempat tidur yang besar, atau di lantai yang telah diberi alas yang empuk. Jangan menaruh bayi di tempat tidurnya yang kecil karna ruang geraknya terbatas. Mungkin ini yang menyebabkan bayiku agak telat yah mom, sampai usia 3 bulan aku suka naruh di tempat agak sempit. Letakkan mainan disampingnya juga bisa yah mom dengan harapan bayi tertarik dan belajar memiringkan badan untuk menggapainya. 

Menurutku ajarkan dan latih bayi untuk tengkurep tapi tetap beri kepercayaan pada bayi kapan dia benar-benar mampu melakukannya. Bagaimana dengan mom, apa saja usaha yang mom lakukan agar bayi cepat tengkurep? Dan usia berapa bayi mom bisa melakukannya? Siapa tau bisa dipraktikkan bila ada anak selanjutnya :)

0 komentar:

Posting Komentar