Minggu, 05 Februari 2017

[Cerita Hamil] : Keluhan Selama Kehamilan

Assalamu'alaikum ^o^
Annyeonghaseo ^~^

Balik lagi saya ingin memosting sesuatu yang berkaitan dengan cerita kehamilan yang saya alami. Tulisan ini untuk mengingatkan saya apa-apa saja yang saya keluhkan selama kehamilan. Duh, kata-katanya keluhan ya serasa beban berat banget selama hamil, padahal kenyataannya saya benar-benar enjoy selama hamil membawa calon bayi kemana-mana dalam perut saya kok. Serasa selalu kemana-mana enggak sendirian, ada yang bisa diajakin ngobrol tiap saat, dan ada yang "nendang-nendang" tiap abis makan, mau tidur,saat ngobrol, dan kapan aja si calon bayi pingin "nendang" ^0^ 

Sebelum memori saya tentang kehamilan ini terhapus dan terganti dengan memori-memori yang lain, maka saya tulis selama hampir 9 bulan ini secara random bagaimana dan apa saja yang "engga enak" nya selama hamil. Iya, ini sudah sampai dimana bulan yang diprediksi saya akan melahirkan seorang anak tiba. Duh, deg-degan nih ^0^"

Trimester 1 
Ini fase pertama-tama ngerasain yang namanya kehamilan. Super senang akhirnya yang ditunggu-tunggu kesampaian. Seperti ibu hamil muda kebanyakan saya enggak jauh-jauh dari yang namanya mual dan muntah. Alhamdulillah enggak sampai yang namanya harus bedrest,enggak ngerasain gerak dikit mual atau gerak dikit muntah, bahkan engga ngerasain harus tergolek di tempat tidur terus. Saya masih aktif bergerak, kesana/i, dan bisa bawa motor seperti biasa. Kalau dengar cerita ibu hamil yang di trimester 1 saja udah harus dirawat di RS karena pendarahan, harus bedrest, dll saya sangat bersyukur banget dijauhkan dari itu semua. 
Selain mual dan muntah yang saya rasa masih dalam tahapan wajar sebagai bumil, ada juga yang menurut saya "ganggu" di trimester 1 yaitu ngerasain lidah pahit. Kalau diingat-ingat lidah pahit ini paling enggak enak banget. Pasti kita pernah sakit, terus lidah terasa pahit bila makan sesuatu bahkan untuk sekedar air putih kan? Iya, itulah yang saya alami. Lebih enggak enaknya lagi ini dirasakan bukan saat sakit. Saat lagi makan dan minum tapi apa-apa yang dikecap terasa engga nyambung rasanya T.T 



Trimester 2
Fase ini saya sudah tidak merasa mual dan muntah lagi, yeay, alhamdulillah. Lidah pahit? Sayangnya masih, walaupun tidak separah trimester 1. Artinya ini engga berlangsung selama 3 bulan. Saya pernah baca pengalaman bumil yang selama 9 bulan lidahnya pahit terus, lha gimana rasanya ya pasti engga enak banget T.T 

Saya pernah punya keluhan sakit disekitar pusar selama 3 hari. Hari pertama rasanya agak sakit saat sekitar pusar ditekan, awal mula tau saat mandi dan sabunan, tapi nggak mau ambil pusing dan mikir mungkin besok baikan sendiri. Keesokan harinya masih sakit akhirnya coba-coba untuk googling apakah memang wajar sakit disekitar pusar saat hamil 5 bulan. Ternyata saya tidak sendiri, rata-rata bumil di forum itu mengeluhkan hal yang sama dan akan kembali reda sakitnya beberapa hari kemudian. Tapi mereka berpendapat agar diperiksa ke dokter supaya lebih meyakinkan kalau kandungan memang baik-baik saja. Akhirnya saya memutuskan untuk ke dokter. Setelah di cek si calon anak posisinya saat itu masih sungsang dan kepalanya berada di sekitar pusar mungkin karena hal itu makanya sakit. Keesokan harinya masih lumayan terasa sakit tapi lusanya sudah tidak terasa lagi. Ternyata keluhan sakit disekitar pusar tidak lama. Mungkin kalau saya sabar seminggu saja maka saya tidak memutuskan ke dokter karena 4 hari sebelumnya saya memang sudah kontrol ke dokter cuma pada saat itu belum ada keluhan apa-apa hehehe. Yang namanya hamil pertama jadi sedikit sakit langsung cemas ^0^

Salah satu yang ditakutkan bumil ialah saat keluar flek / darah. Dari awal kehamilan saya tidak mengalaminya baru saat diusia 6 bulan tiba-tiba keluar flek coklat, walaupun sedikit tapi bikin banyak cemasnya. Saat itu badan saya juga terasa lemas dan kepala pusing. Akhirnya minggu pagi itu pun saya bergegas ke bidan. Cek sana/i akhirnya didapatkan tensi, hB, dan kadar gula di bawah normal semua T.T pantas saja badan jadi lemas dan pusing bahkan keluar flek. Akhirnya saya harus istirahat dan minum vitamin. Buat para bumil jangan sampai hB-nya terlalu rendah ya ^0^

Keluhan lain di trimester ini (tapi bisa kapan saja sih sebenarnya) yaitu kaki kram T.T Merasa kaki kram selalu pada malam hari pas tidur dengan posisi kaki yang di"ngulet-nguletin" (apa ya Bahasa Indonesia-nya -_-")terus jadilah si kram ini datang. Tips ketika kaki kram adalah luruskan kaki, maka beberapa saat kemudian kram pun akan pulih. Tapi percayalah saat kram untuk meluruskan kaki itu susah dan sakit T.T Atau bisa dicoba bila kira-kira akan merasakan kram (biasa sih kita tau sendiri kalau mau kram) langsung saja luruskan kakinya maka kram pun engga jadi datang ^0^

Trimester 3

Ternyata semakin besar kehamilan ada saja ini itunya si bumil ini. Mulai dari kaki bengkak, pipis yang sebentar-bentar dan nggak bisa ditahan terutama saat bobok malam, jalan yang udah kepayahan karena berat perut dan kaki, pinggang yang mulai kedut-kedut, bobok malam yang mau bolak/i susah keberatan perut, ancaman strechmark, sampai berat badan yang naik drastis T.T

Keluhan-keluhan yang aku ceritakan itu cuma berdasarkan pengalaman pribadi. Bisa jadi pada ibu hamil yang lain tidak merasakan hal yang sama. Atau malah ada tambahan pada keluhannya.

Keluhan-keluhan ini ditulis bukan karena sama sekali tidak senang dengan kehamilan pertama ini. Sekali lagi ini ditulis untuk sekedar berbagi, saya bisa mengingatnya saat nanti lupa cerita kehamilan saya, dan mungkin bisa saya tunjukkan ke anak saya bila dia sudah besar dan bisa baca ^0^. Ini juga saya merasa sangat terlambat menulisnya baru dikehamilan menjelang 9 bulan karena pasti banyak cerita yang terlewatkan. 

***Sehat-sehat anak ibu&bapak dalam perut.


  


  



0 komentar:

Posting Komentar