Minggu, 09 Juni 2013

Officially I'm Back

Dear Blog.

Udah lama ya aku ga mampir kesini. Hmm bukan gitu juga sih kalo Cuma sekedar mampir sering tapi untuk mengisi kekosongan kamu itu yang udah lama banget. Selalu saat begini aku-nya udah canggung, selalu klo udah kayak begini aku-nya gatau mau ngapain. Sampe-sampe kamu Blog mau aku tinggalin aja lho tadinya. Tapi aku mikir juga, masak iya dunia yang udah aku “ciptakan” sama teman-teman ditinggalin gitu aja, masak iya aku setega itu sama kamu Blog? Jadi aku mikir balik lagi lebih baik aku mengisi kamu lagi aja. Lagian siapa yang peduli sama kita kan Blog. Siapalah kita ini. *nangis dipojokan Menara Eifeel.

Officially i’m back...

“Haloha”

“Mendarat dengan cantik”

“Udah mirip Yoona SNSD”

#plak

Fiuh, udah lama ya aku ga berkunjung ke blog ini T^T blog yang ga terawat, blog yang hancur lebur tergerus perkembangan zaman tapi si blog sendiri gada perkembangan. Tanya kenapa? [maaf slogan iklannya dipakek.] Jawabannya bukan karna aku sibuk sampe-sampe ga punya waktu buat ngeblog, bukan karna sekarang aku lanjutin S2 di Aussie, bukan karna aku udah nikah + punya anak, bukan juga karna aku lagi sibuk shooting RunningMan hehehe jangan berlebihan gitu dong mikirnya [oke, agak jauh ya bicaranya] tapi bukan jawaban-jawaban di atas kok alasannya. Alasan kenapa aku agak malas ngeblog karna ...

“karna aku gatau mau nulis apa, karna aku malu nih klo nulis di blog tulisan aku kan jelek sedangkan blog-blog orang yang aku baca keren-keren, karna aku pengennya klo nulis blog itu hasilnya keren tapi gak bisa, karna aku bla bla bla...”

Iyyuh! Alasannya kedengeran jelek dan kamseupay banget. Emang tulisan keren itu kayak apa coba, relatif juga kan. Kalo yang baca suka ya dianggap keren, nah klo yang baca ga suka ya dianggap ga keren. Emang ada ya yang punya alasan kayak aku? Alasan males ngeblog karna gatau mau nulis apa + pengennya tulisannya pas jadi keren gitu? Pasti gada ya. [Gada yang jawab maksudnya, soalnya gada yang baca blog ini  -_-“ ]. Tapi kan ngeblog ya ngeblog aja ntar juga klo blognya bagus, klo blognya menarik juga ada yang baca sendiri. Masalahnya blog ini kapan menariknya kapten...?

Yaudahlah yang kayak tadi aku bilang ngeblog ya ngeblog aja, mau keren kek mau ga keren kek, mau alay ato garing, mau ada yang baca mau gada yang baca pun ngeblog ya ngeblog aja. Eh tapi klo bisa yang bagus juga ya blog-nya.

Kayak yang dibilang sama Benzbara. Sapose Benzbara? Artiskah? Bukan sih doi lebih dikenal sebagai selebtweet [aku sih kenalnya gitu]. Awal mula tau Benzbara itu dari temen aku Ouva. Ouva ngasih rekomendasi akun twitter yang keren ya si doi itu. Pas aku nge-kepo-in tweetnya gokil juga nih. Jadilah aku sampe sekarang followers-nya. Sekarang sih aku ngeliat Bara bukan sebagai selebtweet lagi tapi lebih sebagai penulis. Bara udah melahirkan beberapa buku, ada novel juga ada kumpulan cerpen. Yang aku tau sih “Kata Hati” sama “Milana” [aku pengen baca Milana-nya] juga ada buku yang masih ditulis doi. Aku ngeliat Bara [ngeliat dari tweet-tweet-nya sih -_-“ ] kayaknya anaknya smart. Mungkin karna dia suka baca buku. Terus juga nih pas Bara nulis bukunya semuanya dirancang abis, gokil pokoknya. Mulai dari nama, tempat, cerita, dll semua ada alasannya kenapa dia milih kayak yang ditulisnya. Oke, kayaknya aku kebanyakan ngomong tentang Bara [padahal kenal juga kagak].

Nah, jadi Bara ini ada ngebahasa semacam “tentang penulis yang ingin menulis tapi malas menulis, kemudian ia bertanya bagaimana caranya menulis?”, Bara pun menjawab beberapa :
1.       Untuk Bara, hari yang produktif adalah hari yang dihabiskan dengan 1. Menulis; 2. Membaca buku.
Gimana tuh jawaban Bara cool banget yak :”D Tapi aku yakin maksud Bara disini ibadah, mandi, makan, tidur juga ga boleh tinggal dong~

2.       Bara merasa berdosa kalau sehari sama sekali tidak menulis, ato membaca buku, kadang Bara menebusnya dengan berlari.
Tuhkan Bara gokil nih. Bayangin aja bagi Bara sehari ga nulis = dosa dan ditebus pake lari? Kalo aku kayak gitu,, kurus deh kurussss.

3.       Bara dapat hobi baru sekarang : berlari [tau kan kenapa?]. Kadang hobi tersebut membantu Bara mendapatkan ide-ide baru untuk menulis.
Tuhkan si Bara gokil ^^

4.       Kalau masih menemukan alasan (apalagi jumlahnya banyak) untuk tidak menulis, berarti kamu belum serius menulis. Itu saja.
Plak. Si Bara ngomongnya gitu kali. Aku tadi kan ngasih alasan kenapa ga nulis Blog lagi, mana alasannya aneh pulak itu -_-“

Nah jadi itu sedikit nasehat Bara yang bikin aku mikir “lanjut ahh ngeblog lagi, kasian blog-nya udah dibikin tapi dibiarin gitu aja, toh gda yang peduliin juga keles” hehehe. Btw, salah satu cerpen Bara kepilih sebagai apa gitu [aku lupa -_-“ ] yang jelas cepern Bara bakal diterjemahin ke bahasa inggris dan dipublish lagi, bilingual deh jadinya. Selamat Bara ^^

Selain Bara ada @shitlicious atau yang lebih dikenal dengan nama Alitt. Aku suka banget sama blog doi. Mantep banget. Lucu. Tapi jangan kaget kalo pembaca blog Alitt tiba-tiba ngeluarin air mata sangking haru. Yoi, walau blognya lucu tapi kadang ada kisah-kisah yang bikin sedih, misal kalo Alitt ngangkat tema “ibu” #tissue mana tissue. Aku sendiri dapetin blog Alitt pertama kali kalo ga salah pas blogwalking/dari twitternya Alitt ya? Lupa juga nih -_-“ sekitar 3 tahun lalu (?). Yang jelas suka sama blog Alitt yang lucu, yang ngenes, dan yang lain dari yang lain sejak pertama kali baca blog dia sampe sekarang >__< Alitt juga selebtweet loh, followersnya capai angka 500ribu (?), Alitt juga penulis buku Shitlicious dan Skripshit. Alitt dan pembaca bukunya nganggap kalo buku Shitlicious masih keliatan kaku + garing, beda dengan buku keduanya Skripshit yang lebih nyantai + ga kaku [kata Alitt sih itu biasa, namanya juga proses]. Ssst, Alitt sampe sekarang masih kuliah loh, walupun tinggal nyelesein masalah skripshit doang, eh salah skripsi maksudnya xD Alitt ngambil Jurusan Bahasa Inggris. Saat ini Alitt udah ngebikin video tutor ENGLIT (Easy English With ALitt) buat yang mau belajar Bahasa Inggris, bisa di download, cek aja di Youtube [kok malah promosiin]. Mantap bener Alitt.

Alitt merangkum beberapa catatan yang didapat saat ia blogwalking, tentang kenapa tulisan para blogger belum cukup menarik :
1.       Nyoba jadi penulis komedi dengan cara melucu. Komedi itu bukan melucukan tulisan. Tapi menyampaikan kejujuran dari sudut pandang berbeda/nyeleneh.
Yuhuu, bener sekali Alitt. Susah jadi penulis komedi. Tapi masalahnya kebanyakan orang lebih tertarik sama tulisan yang lucu-lucu. Makanya mungkin banyak orang yang menulis jujur tapi masukin celutukan-celutukan ke dalam tulisannya.

2.       Pas nulis, mungkin pedomannya “semua pembaca udah kenal gue” sehingga tulisannya jadi kurang detail dan susah diikuti imajinasinya.
#Brb periksa tulisan sendiri ._.

3.       Ga jujur. Tulisan yang ga jujur itu tulisan yang yang gaya tulisannya ngikutin orang lain banget. Sehingga jati diri si penulis ga keliatan di tulisannya.
[Nah, jadi tau kan bukan Cuma para koruptor aja yang seharusnya jujur tapi gaya tulisan pun harus jujur]. Lagian ngapain juga ngikutin gaya tulisan orang lain, mungkin kalo terinspirasi boleh aja. Yang penting jangan jadi plagiat dan ngikut-ngikutan sampe detil gitu.

4.       Ga konsisten. Nulis itu pekerjaan. Semua pekerjaan butuh kedisiplinan. Konsisten adalah salah satu bentuk kedisiplinan.
Nah tuh denger. Lon hana roh beuh. =_=

5.       Blognya mentingin tampilan daripada konten. Jangan gitu dong. Tulisan itu “nyawa” bagi tulisan. Desain itu kebutuhan sekunder.
Aku dulu diawal-awal ngeblog kayak gini, mentingin tampilan blog hehehe. Eh ga deng, sekarang juga masih tuh liat aja sampe ancur berantakan desainnya gara-gara bolak/i ganti tampilan -_-“ [pantes ga menarik ini blog, pukpuk blog].

6.       Tema. Ini penting banget biar blog kita gampang diingat orang. Tentuin tema yang unik + konsisten. Biar ciri itu nempel di otak pembaca.
#Brb nyari tema.

Alitt juga ngasih semangat lagi dengan bilang “Jangan malu buat ngeblog. Ga ada hal yang langsung sempurna pas dimulai. Setidaknya, postingan lama bisa jadi tolok ukur perkembangan tulisan kita”.
Gimana keren banget kan Benzbara sama Alitt. So, how can’t i love this guys.. Keren banget pemikirannya. Pokoknya suka. Walaupun mereka hanya salah dua dari orang-orang keren yang banyak lainnya. Buat aku dan yang ngeblog lainnya, fighting. Hehehe. 

0 komentar:

Posting Komentar