Rabu, 27 Februari 2019

Day 2 : "No Gadget" Pada Anak

Assalamu'alaikum,

Hari ini adalah hari kedua aku melepaskan gadget hp pada anak. Masya Allah anakku ngga rewel sama sekali. Seperti kebiasaan sebelumnya saat jadwal makan yang selalu sambil nonton Youtube, hari ini saat makan pagi anakku juga minta hp, tapi aku dengan lembut langsung kasih alasan hp disimpan dan alihkan ke mainan yang lain. Alhamdulillah anakku langsung nurut. Saat makan siang aku ajak dia makan di meja makan alias anaknya duduk di atas meja makan (tidak boleh dicontoh) anakku mau makan sambil ngobrol-ngobrol. Mungkin bosan duduk dia mulai main di belakang rumah sambil aku tetap suapin. Dan saat makan malam dia tidak bertanya lagi tentang hp. 

Alhamdulillah lumayan lancar untuk hari kedua ini. Mungkin salah satu kunci suksesnya adalah aku pun sama sekali tidak memegang hp saat bersamanya. Hanya saat dia tidurlah aku mulai melihat hp. Atau kalaupun ada keperluan yang mengharuskan aku melihat hp tentu tidak di depannya. Juga hp aku letakkan di tempat yang tidak bisa dilihatnya. Membersamainya terus saat dia bermain membuat dia lupa meminta hp. Aku ingin membuatnya tidak terlalu bergantung kepada hp. 

Saat kemarin-kemarin aku lalai dengan membebaskannya menonton Youtube aku merasa bersalah, dan merasa bakalan berat menjauhkannya dengan hp. Kemudian di salah satu buku yang aku baca membahas "karunia kiblat". Apa itu? Singkatnya kita sebagai orang tua yang memiliki anak yang masih kecil haruslah menjadi kiblat kehidupannya. Kita harus menjadi kiblat kebaikannya. Jangan sampai kita yang berkiblat pada kemauan anak. Kemauannya yang salah saat masih usia kecil seperti ini. Alhamdulillah aku tersadar dan mulai mau berubahnya sedikit demi sedikit. Dimulai dengan menjauhkan anakku dengan hp karena menurutku kalau sampai keterusan bakalan bisa tantrum suatu saat bila tidak terpenuhi keinginan untuk melihat Youtube. Walau yang ditontonnya adalah mobil-mobil dan sekedar kartun-kartun. 

Terima kasih nak kamu membuat niat ibu menjadi mudah dijalani. Besok kita berjuang lagi menjauhkan kamu dari hp ya. Kita bermain bersama yang seru-seru lainnya. Terima kasih ya Allah...


0 komentar:

Posting Komentar